Blender ( Software )

Hasil gambar untuk logo blender


   
   Pengertian Blender

     Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.


     Blender mendukung konsep 3D secara keseluruhan—modeling, rigging, animasi, simulasi, rendering, compositing, dan motion tracking, bahkan video editing dan pembuatan game. Pengguna yang telah mahir menggunakan API milik Blender yang ditujukan pada scripting python untuk menyesuaikan aplikasi ini dan menulis tools yang telah dikhususkan, biasanya semua ini dimuat pada fitur Blender versi selanjutnya. Blender sangat cocok bagi studio kecil dan perorangan yang mendapatkan untung dari konsep pemersatuannya dan proses pengembangan yang responsif. Contoh dari banyak proyek yang berbasis Blender bisa dilihat di bawah (tentang fitur Blender 3D).



   Fitur – Fitur Blender
     Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya. Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing. Berikut fitur-fiturnya :
  • Fast Modelling
  • Fast Rigging
  • Animation Toolset
  • Sculpting ( Pahat )
  • Fast UV Unwrapping
  • Full Compositor
  • Camera dan Object Tracking
  • Pembuatan Game
  • Video Editing
   Cara menggunakan Blender :

     Ayo kita mulai dari awal,pertama buatlah 4 buat lingkaran dengan menggunakan circle curve dan gabungkan ke empat objek tersebut menjadi 1 buah objek dengan menekan tombol ctrl +J seperti berikut.


Selanjutnya ubah jenis objek ini menjadi Mesh dengan cara menekan tombol (alt + c) dan pilih opsi yang bernama Mesh from Curves.
Lalu buat objek ni menjadi objek 3D dengan meng extrude seluruh sisinya ke atas sebanyak 1, lalu putar terhadap sumbu Z sebanyak 36,dan ulangi sebanyak 5kali.


Sampai menghasilkan Bentuk seperti dibawah.


Gunakan Modifier Array untuk memperbanyak objek dengan bentuk yang sama terhadap suatu sumbu seperti gambar dibawah.


Untuk mengubah bentuk tali esuai keinginan gunakan modifier Curve,dengan langah pertama pangil dahulu objek Bezier,lalu select objek tali dan aktifkan modifier Curve lalu pilih objek baziernya seperti berikut.


Hasilnya seperti diatas,nah objek tali ini bisa kita susun menjadi apapun sesuai keinginan kita,tinggal kita ubah bentuk Beziernya,maka tali akan mengikuti bentuk beziernya
Anda bisa menggunakan cara diatas untuk membuat objek keranjang rotan dibawah,selamat berkreasi.
Sumber Referensi :